Cara Mudah Membuat Donat Ubi Ungu Empuk Dan Lembu

Baca Juga

Resep Cara Membuat Donat Ubi Ungu Lembut  –  Kue donat ubi ungu merupakan kue yang memiliki cita rasa yang sangat istimewa karena memiliki warna yang menarik dan pastinya enak. Teksturnya  begitu lembut saat dimakan. Selain itu, rasa dan aromanya begitu menggoda selera jadi begitu banyak yang suka dengan donat yang empuk ini. Cara buat donat ubi ungu dibilang cukup mudah karena proses membuatnya hampir sama dengan resep donat pada umumnya.

Resep Cara Membuat Donat Ubi Ungu Empuk Dan Lembu
Cara Membuat Donat

Tips Resep Cara Membuat Donat Ubi Ungu:
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal disaat membuat resep donat ubi ungu lembut yaitu diamkan terlebih dahulu adonannya supaya hasilnya bisa lembut dan mengembang. Itu semua dikarenakan pengembangnya menggunakan ragi instan (ragi tape). Untuk itu adonan donat wajib didiamkan terlebih dahulusupaya lebih maksiamal.
  • Tehnik nggorengan donat ubi juga harus diperhatikan karena proses ini sangat menentukan hasil yang sempurna. Jadi disaat menggoreng kue donat ubi ini diusahakan menggunakan minyak goreng padat supaya hasilnya sempurna tidak cepat lembek. Namun bila tidak ada mnyak gorng padat bisa juga menggunakan minyak goreng cair biyasa, namun hasilnya kurng maksimal.


Resep Cara Mudah Membuat Donat Ubi Ungu Empuk Dan Lembut


Cara membuat donat ubi yang pertama harus anda lakukan yaitu mempersiapkan bahan dan alat pembuat donat. Silkan anda simak cara membuat donat dan bahan yang diperlukan berikut ini :

Bahan donat ubi ungu :
  • 500 gram terigu (cakra)/ saya pakai segitiga biru
  • 50 gram susu bubuk
  • 11 gram ragi (fermipan/saf instant)
  • 200 gram kentang kukus (haluskan
  • +dinginkan) / saya pakai ubi ungu
  • 100 gram gula kastor/gula halus
  • 75 gram mentega
  • 0.25 sendok teh garam
  • 4 butir kuning telur
  • 100 ml air dingin (es)


Cara Membuat Donat Ubi Ungu Empuk

  1. Dalam wadah, campur tepung terigu,gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2. lalu tambahkan mentega dan garam, uleni terus sampai benar-benar kalis. Diamlan adonan donat berkisar 20-30 menit.
  3. Lalu bentuk adonan, dengan cara dibulatkan atau bisa juga menggunakan cetakan donat. lalu diamkan lagi kurang lebih 30-50 menit, sampai benar-benar mengembang.
  4. Gorengn adonan yang sudah mengembang tersebut kedalam minyak dengan api sedang sampai berwarna kuning keemasan dan angkat.
  5. Taburi donat denan gula ,atau hias  juga dengan coklat , meses atau sesuai selera.
  6. Hidangkan bersama keluarga tercinta.


Baca juga resep laintya :

Denikianlah resep donat yang bisa kami berikan buat anda. Semoga Resep Membuat Donat Ubi Ungu Empuk Dan Lembut ini, bisa bermanfaat buat anda. Selamat mencoba semoga berhasil.

1 Response to "Cara Mudah Membuat Donat Ubi Ungu Empuk Dan Lembu"

  1. terima kasih informasinya.
    Snack Box Tangerang yang lengkap dan dengan harga yang terkau hanya ada di Family Food Tangerang.

    ReplyDelete